Belajar Teknik berenang gaya punggung

Belajar teknik berenang gaya punggung


Teknik berenang gaya punggung adalah teknik yang sudah lama ada dan cukup menyulitkan.  
Gaya punggung mulai dikenal sejak sekitar 1912. Posisi tubuh pada renang gaya punggung sangat menguntungkan, karena muka menghadap ke atas sehingga memudahkan untuk mengambil napas. Berikut beberapa koordinasi gerak renang gaya punggung.


1. Koordinasi Gerakan Tungkai
Gerakan tungkai gaya punggung sama dengan gerakan tungkai gaya bebas, namun berbeda posisi tubuh. Perenang dapat melakukan latihan gerakan tungkai dengan telentang, kedua lengan di atas kepala sejajar dengan telinga. 

Adapun teknik gerakan tungkai pada gaya punggung adalah sebagai berikut.
  •  Tungkai digerakkan dari bawah ke atas.
  •  Saat tungkai digerakkan, lutut tidak keluar dari permukaan air.
  •  Saat melakukan tendangan, lutut diluruskan.
  •  Pada akhir tendangan, seluruh permukaan tungkai berada pada satu garis lurus dengan pinggul, perut, dan dada.
  • Gerakan tungkai dilakukan seperti gerakan mencambuk.


2. Koordinasi Gerakan Lengan
Teknik gerakan lengan pada gaya punggung adalah sebagai berikut.
  •  Gerakan tangan dimulai dari garis tengah badan yang diperkirakan berada di atas kepala.
  • Cara tarikan di bawah permukaan air, yaitu setelah kelingking masuk ke permukaan air, telapak tangan menghadap keluar. Ketika telapak tangan melakukan gerakan menarik, siku membentuk sudut hampir sejajar dengan tubuh. Lakukan gerakan dorongan tangan yang berakhir di samping paha.

Demikian materi belajar teknik berenang gaya punggung yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat. Untuk materi lain silahkan liat halaman berikutnya.

Hayukjalan.com