Teknik berenang gaya bebas

Teknnik berenang gaya bebas


Olahraga renang adalah olahraga yang segala aktifitasnya berada di air. Salahsatu gaya yang bisa kita gunakan dalam olahraga renang adalah gaya bebas. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk melakukan renang gaya bebas, terutama kemampuan koordinasi tubuh saat di permukaan air. Pengaturan posisi dan koordinasi tubuh dalam renang gaya bebas, adalah sebagai berikut.

1. Kordinasi gerakan tungkai
Gerakan tungkai dalam gaya bebas adalah sebagai berikut.
  •  Gerakan tungkai dilakukan dengan naik turun pada bagian yang vertikal, bergantian antara tungkai kanan dan kiri. 
  • Gerakan dimulai dari pangkal paha, dan pada gerakan menendang tekuk pada lutut, kemudian luruskan pada akhir tendangan.
  •  Gerakan ke atas dilakukan dengan gerakan lurus, amplitudo gerakan yaitu jarak antara suatu tungkai maksimal, sedangkan ritme atau kecepatan gerakan, bergantung pada setiap perenang.
  •  Gerakan tendangan dilakukan dengan keras.


2. Koordinasi Gerakan Lengan dan Pernapasan
Gerakan lengan pada gaya bebas terdiri atas dua gerakan, yaitu sebagai berikut.
  •   Gerakan recovery, gerakan lengan selama di luar air yaitu memindahkan telapak tangan saat keluar dari air untuk dibawa ke depan kepala dan masuk ke dalam air.
  • Gerakan mendayung yang terdiri atas gerakan dorong. Gerakan ini dimulai dari ujung jari tengah menyentuh air sampai dengan selesai melakukan ayunan keluar dari air.

Pernapasan pada gaya bebas sangat memengaruhi posisi badan untuk streamline. Putaran untuk pernapasan haruslah dilakukan dengan aksis (sumbu putaran) garis sepanjang badan, sehingga kepala tidak akan naik terlalu tinggi.

Harus ada irama tertentu antara lengan, tendangan kaki dan olengan badan. Bagaimana cara perenang mengembalikan napas ke arah kanan. Saat berenang, permukaan air berada di antara garis rambut dan kening dengan posisi yang enak untuk kepala. Tengokkan kepala ke arah lengan untuk mengambil napas.

Pada saat lengan kanan berada di air, mulut berada di luar permukaan air, mengambil napas melalui mulut dengan dibuka lebar-lebar pada ketinggian permukaan yang ditimbulkan oleh kepala karena melaju ke depan. Pada saat recovery lengan kanan, kepala menoleh ke arah bawah, dan mata melihat arah air, pengeluaran napas kembali, udara harus dibuang keluar sebelum mulai mengambil napas kembali.

Itulah salahsatu materi teknik renang gaya bebas yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat. Untuk materi yang lain silahkan liat juga di pilihan berikutnya.

Hayukjalan.com