Teknik berenang gaya kupu-kupu (Butterfly strock)

Teknik berenang gaya kupu-kupu ( Butterfly strock)

Didalam olahraga renang tentu kita kenal yang namanya gaya kupu-kupu atau 'butterfly strock'. Gaya ini memang tidak begitu banyak di gunakan oleh para perenang khususnya pemula dikarnakan gaya ini sangat memerlukan kekuatan yang besar, serta irama dan koordinasi gerak yang baik. Gaya ini mirip dengan gerakan ikan lumba-lumba. Namun, apakah Anda dapat melakukan gaya  renang kupu-kupu dengan gerakan yang benar? mari kita pelajari tekniknya..

                      
                   
                                         
1.  Posisi Tubuh
Pada renang gaya kupu-kupu, tubuh mengambang dalam posisi telungkup hampir sejajar di bawah permukaan air. Posisi ini dipertahankan mulai dari kepala, bahu, pinggang, hingga kaki. Kedua lengan berada di atas kepala dan garis permukaan air tepat di atas alis mata. Posisi tubuh harus diatur sedatar mungkin dengan air untuk memperkecil hambatan.  

2.  Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-Kupu
Dalam renang gaya kupu-kupu, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, antara lain gerakan tungkai, gerakan lengan, dan pengambilan napas.

a.  Gerak Tungkai
  • Gerak tungkai pada renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan cambukan kaki ke atas dan ke bawah. 
  • Cambukan ke atas merupakan gerak recovery, yaitu dengan menggerakkan kaki ke atas hingga ke permukaan air. 
  • Cambukan dilakukan dua kali untuk satu putaran lengan gaya kupu-kupu. 
  • Cambukan ke bawah dimulai dengan melentingkan pinggang, 
  • lutut diluruskan, dan kedua kaki dicambukkan dengan cepat ke bawah. 
  • Kelenturan pada sendi pergelangan kaki dan sendi lutut sangat menentukan hasil cambukan ke bawah.

b.  Gerak Lengan
  • Gerak  lengan pada gaya kupu-kupu diawali dengan memasukkan kedua lengan ke dalam air. Gerakan lengan dilakukan dengan cara-cara berikut.
  • Menangkap (catch). Setelah masuk ke dalam air, lengan digerakkan keluar, lalu dilanjutkan dengan gerak menangkap. 
  • Gerak ini bersamaan dengan gerak cambukan ke bawah yang pertama.
  • Meraih (down sweep). Setelah gerak menangkap, gerak pergelangan tangan dan siku-siku sedikit membengkok ke bawah lalu keluar dan meraih air.
  • Menarik (insweep). Tangan ditarik ke dalam dan ke belakang di bawah kepala dekat badan. 
  • Mendorong (upsweep). Gerakan ini dilakukan di akhir gerak menarik dengan mendorong lengan ke belakang dan mengeluarkan lengan dari air.
  • Pemulihan (recovery). Pemulihan dilakukan setelah melakukan gerakan mendorong. Caranya, yaitu dengan mengangkat siku ke atas permukaan air dan memutar sendi bahu untuk memindahkan lengan ke depan.

c.  Teknik Pengambilan Napas
  • Cara pengambilan napas pada renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan mengangkat kepala ke arah depan dengan menonjolkan bahu ke depan. 
  • Gerakan pengambilan napas dilakukan pada saat kaki melakukan  tendangan ke bawah dan lengan mendorong ke belakang untuk keluar dari air.
Itulah materi belajar olahraga renang gaya kupu-kupu (butterfly strock) yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfat. untuk materi lain silahkan liat halaman berikutnya.

Hayukjalan.com