Teknik dasar berenang gerakan meluncur

Teknik dasar berenang gerakan meluncur

Ada beberapa gaya Didalam olahraga renang yang perlu kita ketahui dan kuasai. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana cara kita menguasai teknik dasar berenang itu sendiri yaitu gerakan meluncur.


Teknik meluncur bisa kita pelajari dengan cara:

1. Badan dalam posisi membungkuk ke depan searah dengan permukaan air dan meluruskan kedua tangan sambil mengapit bagian telinga. 
Agar badan bisa meluncur ke depan, tolakan bagian kaki yang menempel di dinding dengan kuat. 
Luruskan kedua lengan dan kaki ke arah depan. 
Luruskan bagian tubuh dan jagalah keseimbangan ketika posisi badan berada di permukaan air.


2. Teknik gerakan kaki badan dalam posisi menelungkup. Kedua belah tangan berpegangan pada bagian dinding. Kepala terletak di atas permukaan air sedangkan bagian kaki di luruskan. Kedua belah kaki di luruskan dan di tarik ke arah samping . 
Ketika posisi kedua kaki diluruskan, buatlah lecutan ketika kaki sedang ditutupkan
 Usahakan pergelangan kaki tetap relax
 Lakukan latihan tersebut secara berulang – ulang dengan kekuatan dan kecepatan maksimal sehingga akan terasa adanya tekanan ketika tubuh dalam posisi meluncur ke depan
  
3. Latihan gerakan tangan 
 Kedua kaki direkatkan terhadap dinding kolam 
Upayakan kedua belah tangan dalam posisi lurus dan kepala terlihat dari atas permukaan air 
Tariklah kedua belah tangan dengan bersama – sama menuju arah dada bagian bawah, sembari kedua telapak tangan di gerakkan mengayuh dalam air.

4. Latihan pengambilan nafas
Langkah ini serupa dengan prinsip yang di gunakan dalam teori gerakan tangan, yaitu kedua belah tangan di tarik ke arah samping, dagu diangkat ke atas menuju permukaan air sembari mengambil nafas perlahan – lahan dengan menghirup udara.

Itulah teknik gerakan luncuran yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat


Hayukjalan.com