Teknik latihan olahraga atletik pada nomor lari sambung (estafet)

Teknik latihan olahraga atletik pada nomor lari sambung (estafet)


Lari sambung (estafet) adalah lari yang cukup unik karena jenis lari ini dapat berbentuk suatu permainan dengan mengoperkan atau menyerahkan tongkat estafet dari satu pelari ke pelari sambung berikutnya secara teratur. Lari sambung dilakukan oleh 4 pelari dalam satu tim. Pelari pertama melakukan gerakan start jongkok, dan lari sampai pada batas tertentu, kemudian diteruskan oleh pelari kedua, yang berlari pada batas tertentu yang sama jauhnya dengan pelari pertama. Pelari kedua diteruskan oleh pelari ketiga, pelari ketiga diteruskan oleh pelari keempat. Start pada pelari kedua hingga keempat adalah start melayang. Pelari keempatlah yang pada akhirnya akan memasuki garis finish pada lari jarak pendek. Pada pergantian/persambungan pelari, dari pelari satu ke pelari dua, dari pelari dua ke pelari tiga, dari pelari tiga ke pelari empat, terjadi serah terima tongkat estafet.

Nomor lari estafet yang sering diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter=400 meter dan nomor 4 x 400 meter (1.600 meter). Dalam melakukan lari sambung bukan teknik saja yang diperlukan tetapi pemberian dan kemahiran dalam menerima tongkat dengan cepat di zona atau daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.

Tongkat estafet adalah tongkat pendek dan ringan yang berukuran kurang lebih 30 cm panjangnya.Hal yang paling utama dan ikut menentukan kecepatan tim dalam pelaksanaan lari sambung yaitu penyerahan tongkat dari pelari yang satu ke pelari berikutnya. Teknik pelaksanaan lari estafet pada dasarnya sama dengan teknik lari jarak pendek 100 meter.
Dua cara yang digunakan dalam pergantian tongkat estafet:

Cara ke 1
  • Pergantian di atas, dimana si penerima meraih ke belakang secara wajar, dengan sikut sedikit dibengkokkan dan jari-jari tangan menunjuk ke atas.
  • Pergantian bawah, dimana  pelari menerima dengan mengulurkan tangan ke belakang tengkurap dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Pendapat lain mengatakan bahwa dua teknik operan dasar yang biasa digunakan untuk penyerahan tongkat, yaitu operan dengan dorongan ke atas (up sweep) dan dorongan ke depan bawah (down sweep), yang ini pada prinsipnya sama dengan poin tersebut di atas


Cara ke 2
  •  Dengan cara melihat (visual) Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari sambil menolehkan kepala untuk melihat tongkat yang diberikan oleh pelari sebelumnya.
  • Dengan cara tidak melihat (non visual) Pelari yang menerima tongkat berlari sambil mengulurkan tangan kebelakang. Selanjutnya pelari sebelumnya menaruh tongkat ke tangan si pelari setelahnya.

Itulah materi latihan olahraga atletik pada nomor lari sambung (estafet) yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga halaman berikutnya untuk melengkapi materinya.

Hayukjalan.com